Sabtu, 19 November 2011

Mengenal dan Melestarikan Kebudayaan Kota Malang

Outbound Malang - Kita sudah seharusnya bangga nih gan, karena Kota Malang mempunyai daya tarik tersendiri bagi semua orang baik dari mancanegara maupun negara asing. Kemenarikan itu dapat dilihat dari berbagai segi dan berbagai sisi. Diantaranya kebudayaan, tradisi, kebiasaan, kuliner, tempat rekreasi dan pariwisata, dan lain sebagainya. Yuk, kita intip... :)

Pertama yang saya tahu ni gan kebudayaan Malang mempunyai budaya yang begitu banyak, tapi masyarakatnya sendiri kebanyakan nggak ada yang tau (termasuk saya ni yang baru mengenal Potensi Wisata Malang akhir-akhir ini. hhe :D Mungkin hal ini terjadi karena perkembangan iptek kali ya?

Contohnya aja ni gan anak-anak remaja jaman sekarang jarang banget yang ada minat buat mempelajari Kebudayaan Daerah dan Pariwisatanya. Mereka lebih cenderung suka sama yang namanya Game Online, Facebook, dsb. Tapi ya emang ga bisa si kalo kita terus-terusan nyalahin mereka. Tergantung yang 'mendidik'? Hhe ^.^v

Kebudayaan di Kota Malang itu banyaaaak bangeedd gan. Mulai dari tari topeng malang, tradisi asli Malang kirab pada setiap pergantian bulan, menurut perhitungan jawa (pada tau gak?), dan lain sebagainya dapat kita jumpai dimana saja asal kita mau mempelajari dan mencari.

Tari topeng adalah sebuah tarian yang menggambarkan kehidupan rakyat Kota Malang jaman dahulu. Kemudian kirab atau sesembahan itu merupakan bentuk penghormatan dan rasa terima kasih pada yang mendahului. Biasanya kirab atau upacara adat Malang itu di lakukan di gunung kawi.(tau gak?). tempatnya kalau mau kesana, di kepanjen aja terus. Pasti nemuin. Secara buat orang-orang seperti kita yang tau banyak tentang tradisi Malangan ini. Hehe :) Kemudian tradisi lama Malang. yaitu sebuah tarian atau permainan lama yang biasanya dapat kita temui di acara Malang Kembali ialah boneka jelangkung (dalam bahasa Indonesia) atau Nyai Putut (dalam bahasa jawa). Kesenian ini, masih belum banyak orang yang mengenalnya, bukannya baru malah sudah lama. Cuman, masyarakat Kota Malangnya aja yang tidak mau mencari informasinya.

Buanyak banged sebenernya kebudayaan dan potensi wisata di Kota Malang kita tercinta ini. Tapi ya sekarang tergantung kitanya gan mau melestarikannya atau tidak. Kalo kita bisa mengolah dan melestarikannya, waaahh merupakan prestasi tersendiri gan. Mulailah dari sekarang walaupun hanya sedikit. Sedikit demi sedikit lama-lama bakal menjadi bukit luas panjang kali lebar. Ya ga agan-agan sekalian? Heheheh :D

Salam, Outbound Malang ;)

5 komentar:

  1. oke gan aku setuju..lestarikan kebudayaan indonesia..khususnya yang ada di Malang..

    BalasHapus
  2. @IndonesiaKu : hheheh, yup2, thank you supportnya gan. kalo bisa se semua kebudayaan yang ada di Indonesia. hehehe, yang di Jawa support yang di Jawa, yang di Sumatera, support yang di Sumatera, dst. Jadi kebudayaan yang diwariskan ga akan pernah punah. Yahh, hope next better deh gan. OK.

    BalasHapus
  3. betul sekali sobat kota malang salah satu kepunyaan Indonesia yang tentu budayanya hars dilestarikan agar tidak ada yang main klam seperti di ponorogo

    BalasHapus
  4. yap memang seharusnya seperti ini sobat. kalau bukan kita siapa lagi? mari kita lestarikan kebudayaan kita..

    BalasHapus
  5. Begitu banyak ragam kebudayaan kita yang begitu unik, bagus, bermakna dan spesial. Namun tentu saja perlu upaya-upaya untuk melestarikannya. Bila tidak, tentu saja dengan bergulirnya waktu tradisi atau budaya tersebut akan punah. Tentu perlu kepedulian dari kita semua untuk melestarikannya. Selamat dan sukses buat 'Outbound di Malang'.

    BalasHapus