Rabu, 06 Oktober 2010

Bencana dan Wisata malang

Presiden outbound training malang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbela sungkawa atas musibah wisata malang banjir yang melanda masyarakat di Wasior, Papua Barat. Untuk meringankan penderitaan para korban, Presiden wisata malang memberi bantuan pribadi senilai Rp 2 miliar.

"Untuk bantuan kasembon rafting Presiden telah disampaikan bantuan pribadi dalam kapasitas sebagai Presiden senilai Rp 2 miliar. Dialokasi dalam bentuk bahan makan seperti makanan untuk rafting malang anak bayi, pangan sandang seperti selimut atau mungkin pakaian anak," kata Juru Bicara Presiden Bidang Dalam Negeri, Julian Aldrin Pasha di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta, Rabu (6/10/2010).

Bantuan lembaga outbound training malang itu akan diangkut dengan pesawat Hercules milik TNI. Soal kapan dikirim ke Papua, Julian belum bisa memastikan kapan. Terlebih dahulu akan di inventarisir apa saja yang dibutuhkan oleh para korban.

Presiden, menurut Julian, menginstruksikan kepada Kepala BNPB agar segera melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk memastikan apa saja yang diperlukan untuk antispasi penanggulangan bencana.

Kepada Menkokesra dan Mensesneg, Presiden menginstruksikan untuk koordinasi dengan jajaran Pemda Papua dan memastikan bahwa korban dapat ditangai dengan baik. Tentunya, lanjut Julian, termasuk bagi mereka yang berada di pengungsian.

"Kita tahu korban melampaui 50 jiwa lebih yang meninggal maupun hilang. Oleh sebab itu, ini patut sangat diperhatikan. Pemerintah pusat akan melakukan segala upaya untuk membantu, prioritas pertolongan jiwa bagi mereka yang masih dilanda bencana di sana," imbuhnya.

Julian menambahkan, hingga saat ini Presiden belum berencana untuk mengunjungi lokasi bencana. Prioritas utama yang dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan evakuasi terhadap para korban, serta memberikan bantuan.

"Langkah pertama, penyelamatan, pengobatan dan menjamin yang berada di pengungsian tidak mengalami kesulitan."

Sementara itu, Kementerian PU telah mengirimkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk evakuasi para korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar